Lomba Review Novel Storial

Pernah enggak kalian membaca sebuah novel, yang saat halaman terakhir selesai dibaca, kalian tiba-tiba tersenyum, meneteskan air mata, atau menghela napas dan bilang OMG! Saya pernah, itu artinya otak kita mengesan cerita dalam novel dengan baik.

Mungkin kalian suka dengan karakternya, seolah-olah kalian menjadi salah satu tokoh dalam cerita. Saya ingat waktu kecil. Ibu saya membeli komik bekas di pasar, komik superhero kesukaan anak-anaknya. Saya dan kakak berebut membaca. Lalu setelah lembar terakhir, dengan serta merta kami menyambar taplak meja dan membuyarkan kopi bapak di atasnya. Kami terbang seperti Superman! Kejadian serupa terjadi saat saya membaca Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Ada sebuah tempat di Bali yang menjadi setingnya, Lotunduh. Sewaktu tempat itu disebut, saya memejam. Ingatan saya pada tempat itu muncul seperti televisi rusak; bintik-bintik, bergaris, sebelum menjadi citra yang jelas. Di sana, ada seorang sahabat baik yang pernah memberi warna pada hidup saya. Beberapa minggu kemudian, saya pergi ke Bali dan menemui sahabat saya itu.
Dulu, saya menulis kesan-kesan itu pada diari saya. Apa yang saya suka dari sebuah cerita, siapa saja tokoh favorit saya, apa yang tidak saya sukai, bahkan saya menulis alternatif penyelesaian cerita. Itu dulu. Dulu banget sebelum saya mulai serius menulis fiksi. Setelah tahu banyak tentang dunia kepenulisan, saya baru sadar jika apa yang saya lakukan selama ini bisa dikategorikan sebagai review sebuah karya tulis.
Kalau kalian punya pengalaman yang sama, kebetulan! Kalian bisa mendapatkan reward dari hobi kalian. Ada event yang diadakan storial.co untuk mereview novel yang diunggah di sana. Total hadiahnya 500 ribu dan koin storial untuk membaca cerita premium. Kabar baiknya, ada dua begundal Dimensi Kata yang novelnya termasuk dalam buku yang bisa rijadikan bahan review. Redlight Distric karya Nara (begundal satu ini ahli menulis thriller) dan Bakiak Maryam karya Jo (begundal ini suka mengangkat tema sosial yang kontroversial). 
Nah, sebelum ikut event ini. Mungkin saya bisa kasih sedikit tips cara-cara mereview sebuah karya tulis. Receh sih, tapi siapa tahu berguna.
1. Pilih cerita yang kalian suka. Jangan paksa mereview novel yang tidak bisa kalian nikmati demi apa pun (mungkin kalian ikut-ikutan mereview karena novel tersebut sedang booming dan dibicarakan banyak orang). Beri sedikit ilustrasi cerita yang akan direview, tapi ingat. Jangan spoiler.
2. Mulai dengan menulis apa yang kalian suka, utamakan unsur intrinsik. 
3. Tulis kelebihan novel yang kalian baca.
4. Mulailah membantai. Apa kekurangan novel tersebut, ketidaksesuaian apa yang kalian temukan di dalamnya.
5. Tulis opini pribadimu sebagai penutup. Ini bisa berisi skor (1-10 atau 1-5), alternatif ending, atau lucu-lucuan. 
Yuk, kapan lagi melakukan hobi tapi dapat reward. Info lengkap lomba bisa dilihat di sini ya Storial Blog Review Competition

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Stories
Earphone Kiri yang Menggantung (Sebuah Pengakuan)